SILABUS : Mata Kuliah & Capaian

Halaman 1 | Halaman 3  |  Home

LITERASI DIGITAL

DOSEN PENGAMPU : Hendra Taufik, S.T., M.Sc

  • RINGKASAN MATA KULIAH
Hai Readers! Taukah kalian tentang Literasi Digital?
            Literasi Digital ini merupakan salah satu mata kuliah yang mengajarkan saya bersama teman-teman yang lain untuk mengetahui cara bersikap dan tindakan apa saja yang harus dilakukan dalam menghadapi dunia internet. Selain itu mata kuliah ini juga mengajarkan kami bagaimana cara menggunakan aplikasi atau sebuah software baik secara offline atau online yang nantinya dapat mempermuah kami dalam mengerjakan beberapa tugas ataupun kegiatan lainnya yang sangat membutuhkan berbagai macam software ini. 

Beberapa hal yang saya pelajari melalui mata kuliah ini adalah :

1. Cara Berkomunikasi yang Baik Dalam Dunia Internet
            Dimana pun dan kapan pun, pastinya sebagai manusia yang memiliki mulut untuk berbicara tidak akan lepas dari yang namanya sebuah komunikasi begitu pun dengan berbagai aktivitas yang kita lakukan di dalam dunia internet. Kita harus menjaga sikap ataupun ucapakan kita melalui ketikan-ketikan yang kita kirimkan, walaupun kita menganggap pemikiran atau hal yang kita sampaikan tersebut hanyalah sebuah ketikan, tetapi itu akan berdampak besar bagi beberapa orang lainnya yang justru menganggap ketikan itu adalah sumber informasi yang sangat penting ataupun sebagai suatu hal mendeskripsikan sesuatu hal yang lainnya.

2. Masalah Umum Dalam Menggunakan Komputer 
            Berbicara mengenai sebuah komputer, pastinya Readers sudah tau bukan benda ini? Sebagai sebuah benda tentunya memiliki beberapa kesalahan ataupun beberapa permasalahan yang dapat mengganggu kita saat menggunakannya. Jadi, dalam Literasi Digital kami juga diajarkan bagaimana solusi yang dapat diambil apabila terdapat beberapa permasalahan yang terjadi pada komputer ataupun hardware lainnya seperti flashdisk, keyboard dan infocus. Selain itu, maksud dan tujuan kami untuk mengetahui berbagai solusi ini adalah agar meminimalisir dan mencegah hal yang tidak diinginkan apabila komputer ataupun hardware lain yang kami miliki mengalami masalah; Seperti ingin mengirim tugas dan disaat yang bersamaan komputer mengalami error, jika dibawa ketempat service maka waktu yang dibutuhkan akan melewati batas waktu pengumpulan tugas tersebut. Nah contoh peristiwa ini lah yang menjadi acuan bagi kami untuk wajib mengetahui beberapa solusi yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada komputer.

3. Pembuatan Blog
        Nah Readers, pembahasan ini lah yang membuat kami bergerak untuk praktik membuat sebuah blog yang nantinya kami berharap dapat kami kembangkan lebih lanjut sebagai sebuah informasi yang dapat membantu berbagai orang. Melalui pembuatan blog ini juga diharapkan seluruh mahasiswa ataupun mahasiswi yang mempelajarinya semakin maju dalam menggunakan teknologi dan tidak tertinggal dari negara-negara lainnya. 

4. Software Presentasi Terbaik Selain PowerPoint
            Nah pastinya kita mengetahui bahwa PowerPoint sudah sangat sering digunakan bahkan hampir seluruh orang saat ini menggunakan aplikasi bawaan microsoft ini untuk membuat materi presentasi. Namun, beberapa orang masih menganggap bahwa PowerPoint ini belum cukup untuk mendukung ide-ide mereka dalam membuat presentasi yang lebih menarik sehingga muncullah berbagai aplikasi ataupun software yang dibuat oleh para pengembang ataupun developer untuk memenuhi ide serta keinginan dari orang-orang banyak. Selain itu, software yang diajarkan kepada kami ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur Artificial Intelligence yang tentunya tidak dimiliki oleh Microsoft PowerPoint. 
  • VIDEO REFERENSI MATA KULIAH
Sebagai seorang Mahasiswa/I, tentunya kita juga harus mengeksplor lebih jauh dan tidak hanya belajar dari satu sumber saya nih Readers, karena jika kita berfokus pada satu sumber saja maka akan memperlambat pola pemikiran kita karena hanya terpaku pada satu hal. Berikut video-video yang saya gunakan untuk memenuhi pembelajaran Literasi Digital saya lebih lanjut :

1. Digital Literacy – What is digital literacy? 



2. What is digital literacy?  

3. Digital Literacy – Staying safe online  

4. Penjelasan Lengkap Mengenai UU ITE - NET 24
5. Kalian Harus Tau! 10 Masalah Umum Komputer dan Cara Mengatasinya 

6. Cara Membuat Hardisk Kembali Berlari Kencang (Desktop & Laptop) || 7 PERAWATAN WAJIB KOMPUTER 2021

7. Digital Literacy – The virtual classroom 

8. How to use Google Meet 

9. Tutorial penggunaan Portal Akademik untuk Mahasiswa Baru Universitas Riau 

10. Digital Literacy – Searching for information online 

11. Google Scholar - Cara Mencari Referensi dan Sitasi Artikel, Buku, dan Jurnal by Aridhotul Haqiyah

12. Tutorial : Cara Mudah Menghubungkan Researchgate dengan Google Scholar 

13. Digital Literacy – Online collaboration

14. What is Mendeley? 

15. How to use Mendeley Desktop, Web Importer & MS Word Plugin (Full Tutorial) 

16. How to Design Effective Scientific Presentation || Dr. Dhika Prita Hapsari, SP, M.Si (2021)

17. Plagiarism: Lesson One 

18. Digital literacy – Presentations 

19. Digital Literacy – Troubleshooting 

20. How to Make YouTube Videos on Your Phone START to FINISH! 

21. Google Forms Full Tutorial From Start To Finish - How To Use Google Forms (https://youtu.be/LxlfPLPI0wM)

22. Digital Literacy – Post-study

23. 1/2. Langkah mudah Pengecekan Plagiat Karya Ilmiah dengan Turnitin (Instructor) | Oktober 2020

24. 2/2. Langkah Mudah Pengecekan Plagiat Karya Ilmiah dengan Turnitin (Akun Student) | Okotober 2020

25. Ragam Penyimpangan Karya Ilmiah di Indonesia oleh Dr. Lukman (Agustus 2020) || Dosen Wajib Tahu!

26. 18/22. How to make an impactful online questionnaire for a research. 

27. Kiat-Kiat Menjadi seorang Youtuber Cerdas


28. Create Custom Youtube URL refer to your name 

29. Create Youtube video chapter


30. Kiat-Kiat Menjadi seorang Youtuber Cerdas 


31. Belajar Bikin Video dari Nol 

32. 1/2. Video Editing dengan Kinemaster untuk tingkat pemula 

33. 2/2. Video Editing dengan Kinemaster untuk tingkat pemula 

34. Digital Literacy – Online collaboration 

35. 1/2. Intermediate G-Suites Workshop for Riau University Lecturer 2020 

36. 2/2. Workshop G-Suites Intermediate Dosen-Dosen Universitas Riau 2020 || Sesi 2 

37. Cara Membuat Slide Isi Presentasi PowerPoint yang Cantik Menawan 

38. Kolaborasi File Tugas dengan Guru / Dosen


  • SILABUS
        Dosen Pengampu (Team Teaching) : Hendra Taufik, S.T., M.Sc.

A. CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan)

-    CPL-1        
Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
-    CPL-2       
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan  kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
-    CPL-3       
Mampu menggunakan teknologi mutakhir yang tersedia dalam pekerjaan di bidang teknik sipil.
-    CPL-4
Menguasai aplikasi yang memanfaatkan teknologi komputer dan sistem informasi untuk meningkatkan ketrampilan dalam bidang rekayasa secara efektif dan efisien.

B. CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah)

            Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Literasi Digital, mahasiswa
mampu: 
 
CPMK-1         
Mendefinisikan konsep dan menjelaskan manfaat literasi digital.
CPMK-2 
Menggunakan media dan aplikasi online dalam membuat presentasi, survey dan video yang digunakan untuk komunikasi dan pembelajaran.
CPMK-3 
Menerapkan nilai, norma dan etika akademik dalam pemanfaatan literasi digital.

C. Deskripsi Singkat

           Matakuliah ini disajikan sebagai matakuliah wajib bagi mahasiswa tahun pertama di Universitas Riau agar dapat menggunakan informasi secara digital dengan tepat dan aman sesuai kaidah nilai, norma dan etika akademik. Matakuliah ini disajikan secara daring dengan penilaian diberikan dosen jika kehadiran perkuliahan mahasiswa minimal 80%. Mahasiswa dianggap berhasil jika telah mendapatkan nilai sekurang-kurangnya B. Penilaian terdiri dari 40% tugas, 30% UTS dan 30% UAS.

D. Bahan Kajian/Materi Pembelajaran :
1.  Pengertian dan karakteristik literasi digital
2. Edukasi penggunaan teknologi secara aman sesuai aturan perundangan ITE
3. Masalah umum dalam penggunaan Komputer
4. Google Classroom, Google Meet & Zoom
5. Searching engine Google dan Searching Academic Information (google
scholar, Researchgate)
6. Penggunaan PPT untuk Presentasi
7. Pembuatan Blog dan Website
8. UTS
9. Etika dalam Komunikasi online dan Cek Kemiripan Teks (Similariry check)
10. Google App (Drive, Doc, Slide, Google form, Sheet)
11. Mendeley
12. Kolaborasi Online
13. Membuat konten video
14. Editing Video
15. Publish Video
16. UAS
  • BUKU ACUAN
4. Hands-out (Bahan Tertulis)


PENGANTAR TEKNIK

DOSEN PENGAMPU : Rizqy Ridho Prakasa, S.T., M.T.

    • RINGKASAN MATA KULIAH
            Mirip halnya dengan Kata Pengantar nih Readers... Pengantar Teknik ini merupakan sebuah mata kuliah yang berfokus untuk memberikan suapan pertama bagi para mahasiswa dan mahasiswi fakultas teknik mengenai sejarah dan beberapa hal-hal penting yang harus diketahui saat menjadi atau sedang menjalani pendidikan untuk menjadi seorang Engineer. Selain itu, pada mata kuliah ini kita juga akan diajarkan mengenai sifat dari Engineer yang pada dasarnya harus mementingkan kesejahteraan umum dan mengedepankan aspek perlindungan serta pemanfaatan material alam sebaik mungkin. 
    • VIDEO REFERENSI MATA KULIAH
    1. Sejarah Engineering

    2. Konsep dan Definisi Engineering

    3. Jalur Karier Bagi Para Engineer

    4. Teknik Belajar dan Berfikir Kreatif untuk Menjadi Seorang Engineer


    5. Komunikasi Engineering

    6. Perhitungan-Perhitungan Engineering

    7. Teori Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Engineering


    8. Engineer sebagai Profesional

    9. Etika Engineering


    10. Contoh Permasalahan Engineering

    • SILABUS 
            Dosen Pengampu (Team Teaching) : Rizqy Ridho Prakasa, S.T,. M.T.

    A. CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan)

    CPL-9 : Mampu untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik.

    CPL-10 : Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan.


    B. CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah)

    CPMK-9 : Mampu untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dengan dasar keteknikan untuk menyelesaikan permasalahan teknik.

    CPMK-10 : Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan latar belakang dasar keteknikan terkait isu-isu kekinian yang relevan.

    C. Sub-CPMK

    Sub CPMK-1 : Mampu memahami sejarah Ilmu Teknik (Engineering) sejak peradaban bangsa Mesir (3300 SM) hingga sekarang.
    Sub CPMK-2 : Mampu menjelaskan konsep teknologi bagi engineering dan mampu mendefinisikan bidang-bidang keahlian Teknik.
    Sub CPMK-3 : Mampu memahami aktivitas-aktivitas yang dapat dijalani oleh para Engineer dan mengerti jalur karier yang dapat dijalanai oleh para Engineer.
    Sub CPMK-4 : Mampu memahami proses belajar dan berfikir kreatif guna menjadi lulusan teknik yang memiliki motivasi dan kepercayaan diri.
    Sub CPMK-5 : Mampu mensimulasikan bentuk dan cara komunikasi engineering.
    Sub CPMK-6 : Mampu memahami cara penulisan rumus-rumus yang diterapkan dalam laporan teknik.
    Sub CPMK-7 : Mampu menjelaskan cara-cara pemecahan masalah dalam suatu kasus, dan menuliskan dalam bentuk laporan teknik.
    Sub CPMK-8 : Mampu menjelaskan kewajiban profesi engineer dan organisasi profesional di bidang teknik.
    Sub CPMK-9 : Mampu menjelaskan kode etik engeneering.
    Sub CPMK-10 : Mampu menganalisis secara sederhana suatu contoh pemecahan masalah engineering.

    D. Deskripsi Singkat

            Mata kuliah Pengantar Teknik mempelajari hal-hal mendasar yang berkaitan dengan pengetahuan tentang rekayasa/bidang ilmu keteknikan (engineering) secara umum seperti sejarah perkembangan engineering, konsep dan definisi engineering, jalur karier bagi para engineer, teknik belajar dan berfikir kreatif untuk menjadi seorang engineer, bentuk dan cara komunikasi engineering, perhitungan-perhitungan dalam engineering, teori pemecahan masalah dengan pendekatan engineering, dan etika menjadi seorang engineer.

    E. Bahan Kajian/Materi Pembelajaran :
    1. Sejarah Engineering

    2. Konsep dan Definisi Engineering

    3. Jalur Karier Bagi Para Engineer

    4. Teknik Belajar dan Berfikir Kreatif untuk Menjadi Seorang Engineer

    5. Komunikasi Engineering

    6. Perhitungan-Perhitungan Engineering

    7. Teori Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Engineering

    8. Engineer sebagai Profesional

    9. Etika Engineering

    10. Contoh Permasalahan Engineering

    • BUKU ACUAN


     MATEMATIKA DASAR

    DOSEN PENGAMPU : Bambang Sujatmoko, S.T., M.T.

      • RINGKASAN MATA KULIAH
             Readers pastinya bertanya, sudah hampir 12 tahun jenjang pendidikan ditempuh sebelum memasuki dunia perkuliahan kenapa kita masih belajar matematika ini? Jawabannya adalah matematika ini merupakan dasar perhitungan yang benar-benar sangat dibutuhkan untuk melakukan berbagai proyek ataupun pekerjaan lain contohnya seperti dalam bidang ekonomi, matematika dibutuhkan untuk perhitungan akun. Di dalam Teknik Sipil, matematika ini nantinya akan digunakan sebagai dasar acuan untuk menghitung berbagai angka yang cocok untuk sebuah bangunan ataupun tekanan-tekanan yang dibutuhkan pada setiap bangunan.
      • VIDEO REFERENSI MATA KULIAH
      1. Matematika Teknik Sipil

      2. Pengenalan Aljabar

      3. Limit Fungsi

      4. Konsep Turunan

      5. Integral (AntiTurunan)

      6. Penerapan Integral pada Bangunan

      7. Fungsi Transenden (Logaritmal Alami dan Berbagai Eksponen)

      • SILABUS
              Dosen Pengampu (Team Teaching ) : Bambang Sujatmoko, S.T., M.T.

      A. CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan)
       
      CPL-1 : Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan.
      CPL-9 : Mampu untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik.

      B. CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah)

      CPMK-1 : Mampu menerapkan pengetahuan matematika dasar, untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang memodifikasi rekayasa sipil pada bidang struktur, sumber daya air, geoteknik, transportasi dan manajemen konstruksi
      CPMK-9 : Mampu untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik.

      C. Sub-CPMK

      Sub CPMK-1 : Mampu menjelaskan tentang konsep dasar teori bilangan riil dan fungsi serta menngambarkannya pada bidang Kartesius dan bidang polar (kutub).
      Sub CPMK-2 : Mampu menentukan nilai limit fungsi disuatu titik dan kekontinuan fungsi di suatu titik dan interval
      Sub CPMK-3 : Mampu merumuskan konsep turunan dari suatu fungsi sederhana serta mengembangkan aturan untuk mencari turunan suatu fungsi-fungsi umum termasuk fungsi eksplisit.
      Sub CPMK-4 : Mampu menentukan solusi optimal (terbaik) dari suatu masalah ketekniksipilan dengan menerapkan konsep turunan
      Sub CPMK-5 : Mampu menjelaskan konsep integral (anti turunan)
      Sub CPMK-6 : Mampu menerapkan konsep integral dalam menentukan luas, volume, titik pusat, panjang busur, serta luas permukaan dari suatu fungsi.
      Sub CPMK-7 : Mampu menjelaskan fungsi transendental yaitu; fungsi logaritma natural, eksponensial, invers trigonometri serta hiperbolik.
      Sub CPMK-8 : Mampu merumuskan beberapa teknik pengintegralan yang digunakan untuk menentukan hasil integral dari kelompok-kelompok fungsi tertentu seperti fungsi-fungsi trigonometri, hasilkali fungsi-fungsi tertentu, fungsi rasional serta integral tak wajar.

      D. Deskripsi Singkat Mata Kuliah

                  Pada mata kuliah matematika dasar ini mahasiswa belajar tentang prinsip-prinsip dan metoda matematika yang diperlukan dalam tingkat sarjana program studi teknik sipil. Mahasiswa belajar materi tentang pengertian fungsi, limit dan kekontinuan, turunan serta aplikasinya, integrasi serta penggunaanya, fungsi transendental dan teknik-teknik integrasi. Pemahaman dan pengetahuan bidang ini ditekankan kepada penerapan di rekayasa teknik sipil dengan pemberian tugas individu maupun diskusi kelompok untuk menambah kemampuan berpikir kritits dan metoda menemukan solusi. masalah. Tugas-tugas individu maupun kelompok akan diberikan untuk melatih kemampuan analisis dan sintesis. 
      • BUKU ACUAN



       

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar

      Entri yang Diunggulkan

      PROFILE : About Me!

       Halaman 1 |    Halaman 2   |   Home